10 Vans Terbaik 2016 | Header artwork by @sariemint
10 Vans Terbaik 2016 | Artwork by Minati Hapsari (@sariemint)

Di penghujung 2016 kami berkumpul bersama sambil menyantap martabak dan membicarakan apa saja rilisan terbaik di tahun 2016. Tahun ini sungguh spesial karena Vans merayakan ulang tahun mereka yang ke-50. Ulang tahun ini kemudian dimanfaatkan Vans dengan merilis banyak sekali rilisan kolaborasi maupun GR (general release) yang sungguh mumpuni.

Setelah kotak ketiga martabak keju nutella kami dengan mantab jiwa memutuskan rilisan mana saja yang masuk dalam daftar 10 Vans Terbaik 2016. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya \m/

Catatan penting pada daftar ini:

  1. Tidak ada kolaborasi Blends dan Vans pada daftar ini. Setelah terus-terusan dibanjiri dengan rilisan Blends x Vans di dua tahun terakhir yang menggunakan “resep” yang itu-itu saja kami menjadi pihak pertama yang mengatakan: cukup sudah! Mohon maaf kepada para Blends & jazz stripe bones enthusiast. Tidak ada cinta untuk kalian di daftar ini.
  2. Jerry Lorenzo dan Fear of God tidak masuk ke daftar ini. Betapapun hype Fear of God x Vans, tapi patut diingat ini adalah produk General Release (GR) yang dari segi kualitas material serta packaging standar sekali. Seriusan deh yakaliik boksnya aja atau packagingnya ga bisa dibikin bagusan sedikit ya? Maaf ya para fansnya Jerry Lorenzo serta Fear of God hihihihi… 😛

10. Vans x Nintendo

Terlepas dari material yang ala kadarnya layaknya rilisan GR dan boks dengan tema Nintendo yang lucu dan menggemaskan, kami tidak bisa memungkiri rilisan kolaborasi dengan konsole yang tenar di tahun 80-90 an menciptakan kembali kenangan yang menyenangkan bersama dua tukang ledeng bersaudara bernama Mario dan Luigi serta berbagai tokoh di console tersebut. Semua kemudian kadung mahfum ketika para kelas menengah ibukota dan kota besar lainnya di Indonesia rela mengantri di Vans store saat rilisan ini resmi dirilis per tanggal 3 Juni 2016. 

Vans x Nintendo | Tillys
Vans x Nintendo | Tillys

9. Vault by Vans x Taka Hayashi Buffalo Trail LX

Sebuah keputusan yang tadinya dianggap aneh saat Vans membawa kembali lini running shoes yang dulu akrab disebut “Serio”. Tapi kita semua kemudian hanya dapat berdecak kagum ketika Taka Hayashi mengambil inspirasi dari siluet original Serio dikombinasikan dengan design Buffalo boot dan menciptakan Vault by Vans x Taka Hayashi Buffalo Trail LX. Dibalut kombinasi EVA Midsole dan plat Vibram® untuk bagian outsolenya, rilisan ini dibanderol dengan harga $175 di bulan Mei 2016.

Vault by Vans x Taka Hayashi Buffalo Trail LX | Hypebeast
Vault by Vans x Taka Hayashi Buffalo Trail LX | Hypebeast

8. Gosha Rubchinskiy x Vans Vault Authentic LX

Tuhan pasti sedang bercanda ketika Vans mengumumkan kolaborasi dengan designer Rusia, Gosha Rubchinskiy di Januari 2016. Gosha Rubchinskiy x Vans Vault Authentic LX didekonstruksi sedemikian rupa dengan hadirnya jahitan-jahitan yang kontras terlihat di sepanjang upper sepatu. Varian empat warna yang dipilih sedemikan menggoda mengingatkan seperti permen favorit di masa kecil dulu.

Gosha Rubchinskiy x Vans Vault Authentic LX | follownews
Gosha Rubchinskiy x Vans Vault Authentic LX | follownews

7. Vans x clothsurgeon x Offspring Collabor

ation

Pada tanggal 4 November 2016, Vans memutuskan untuk bersenang-senang dan berkolaborasi dengan salah satu streetwear terkemuka yang berbasis di Londonclothsurgeon. Tidak cukup menggandeng clothsurgeon saja, Vans juga bekerjasama dengan butik streetwear, Offspring dalam membantu pendistribusian rilisan ini. Mengambil medium Old Skool dan Sk8-Hi, Vans x clothsurgeon x Offspring Collaboration dibalut material veg tan, suede yang lembut, serta ice sole dengan pattern checkerboard Vans yang terkenal. Designer clothsurgeon, Rav Matharu mengakui dia terinspirasi atas film Fast Times at Ridgemont High saat memutuskan merancang Vans x clothsurgeon x Offspring Collaboration. 

Vans x clothsurgeon x Offspring Collaboration | Hypebeast
Vans x clothsurgeon x Offspring Collaboration | Hypebeast

6. Vans x Supreme Sk8 Hi Pro & Authentic Pro Checker Box Fall 2016

Vans x Supreme Sk8 Hi Pro & Authentic Pro Fall 2016 adalah rilisan ketiga kolaborasi Supreme & Vans di tahun 2016. Setelah sebelumnya merilis Supreme x Vans “Motion Logo” yang kami tulis disini & Vans Old Skool Supreme “Iridescent” Fakta bahwa pattern Checkerboard yang kental digunakan di rilisan ini membuatnya menjadi salah satu rilisan paling iconic diantara kolaborasi Supreme & VansVans x Supreme Sk8 Hi Pro & Authentic Pro Checker Box Fall 2016 tersedia dalam 3 pilihan warna: hitam, merah, & biru. Rilisan ini dirilis pada 20 Oktober 2016 atau bertepatan dengan perayaan dua tahun pemerintahan presiden Jokowi berjalan.

Vans x Supreme Sk8 Hi Pro & Authentic Pro Checker Box Fall 2016 | Sneaker News
Vans x Supreme Sk8 Hi Pro & Authentic Pro Checker Box Fall 2016 | Sneaker News

5. Raised by Wolves x Off The Hook x Vans Vault

Raised by Wolves x Off The Hook x Vans Vault menjadi penanda hubungan yang amat era scene streetwear di Kanada yang diapresiasi oleh VansSk8-Hi LX dan Old Skool Zip LX dipilih menjadi medium rilisan yang sesuai dengan nafas OFF THE HOOK dan Raised by Wolves. Kedua Sk8-Hi LX dan Old Skool Zip LX menggunakan dua material yang dominan yaitu leather dan suede, nah yang menariknya di sepatu sebelah kanan bagian suede dari bagian upper (atas) sepatu dan material leater di ujung sepatu. Sedangkan untuk sepatu sebelah kiri justru kebalikannya, material leather dari atas sepatu dan suede di ujung sepatunya. Unik!

Keduanya dilengkapi dengan teknologi anti air Scotchguard, zipper yang memudahkan pemakaian sepatu dan MTE outsole untuk menjaga kalian terhindar dari tergelincir di medan yang licin. Raised by Wolves x Off The Hook x Vans Vault dirilis pada 27 Februari 2016 dengan harga retail Sk8-Hi Zip LX $180CAD, sedangkan Old Skool Zip LX dihargai di $150CAD.

Raised by Wolves x Off The Hook x Vans Vault | Strictly Waffles
Raised by Wolves x Off The Hook x Vans Vault | Strictly Waffles

4. Mastermind JAPAN x Vans JP

Mastermind JAPAN x Vans JP | highsnobiety
Mastermind JAPAN x Vans JP | highsnobiety

Ketiga rilisan Mastermind JAPAN x Vans JP akan terdiri dari sk8-hi, slip on, dan era yang dibalut material berupa premium leather. Logo mastermind JAPAN yang berupa tulang dan tengkorak tertera di bagian belakang atau heels dari sepatu ini. Kalian juga akan melihat logo dan tulisan mastermind JAPAN di outsole ketiga rilisan tersebut. Detail menarik lainnya adalah zip (resleting) yang tertera di bagian samping rilisan Sk8 Hi Mastermind JAPAN x Vans JP, berbeda dari peletakan zip sebelumnya yang lazimnya ada di bagian belakang atau heels dari sk8-hi.

Rilisan mastermind JAPAN x Vans Japan Market juga mengeluarkan tiga design tees sebagai bagian dari proyek kolaborasi ini. Dibanderol dengan harga ¥7,000 JPY (berkisar $65 USD), ketiga tees tersebut didominasi warna hitam, pattern checkerboard, serta logo mastermind JAPAN dan Vans. Nama besar mastermind JAPAN sendiri telah membawa rilisan ini masuk ke daftar lima terbaik di 2016/ 

3. Vans Vault by x London Undercover

Vans Vault by x London Undercover | London Undercover
Vans Vault by x London Undercover | London Undercover
Vans Vault by London Undercover | London Undercover
Vans Vault by London Undercover | London Undercover

Jamie Milestone mendirikan London Undercover dengan misi yang sederhana, mengembalikan payung sebagai salah satu aksesoris fashion yang wajib dimiliki. London Undercover & Vans Vault berkolaborasi untuk merilis salah satu rilisan paling iconic dalam sejarah panjang mereka di dunia fashion. Diberi nama Vans Vault by x London Undercover, medium payung dan Sk8 Hi MTE Cup LX digunakan untuk rilisan ini. Seriusan payung, gemes sih!

Vans Vault by x London Undercover baik payung dan Sk8 Hi MTE Cup LX dirilis pada 22 Oktober 2016 di toko London Undercover beserta website mereka dan butik-butik yang membawa lini Vans Vault.  Sk8 Hi MTE Cup LX diberi banderol $110 dan payungnya berharga $140.

2. Sole Classics x Vans Vault “10 Seasons”

Sole Classics x Vans Vault “10 Seasons” | Sole Classics
Sole Classics x Vans Vault “10 Seasons” | Sole Classics
Sole Classics x Vans Vault “10 Seasons” | Sole Classics
Sole Classics x Vans Vault “10 Seasons” | Sole Classics

Sole Classics x Vans Vault “10 Seasons” dirilis dalam bentuk Half Cab LX dengan kombinasi CW toska dan coklat yang benar benar eye catching untuk memperingati 10 tahun berdirinya Sole Classic. Sebuah bold statement dari kolaborasi Vans Vault serta Sole Classic. Sole Classics x Vans Vault “10 Seasons” juga menggunakan material bernama Tectuff – yang diklaim membuat kakimu tetap kering dan hangat – bersama dengan nylon, French terry, dan kulit premium. Terdapat juga dua pilihan tali yang disediakan; tali boots untuk dikenakan saat hujan dan tali wax untuk cuaca yang lebih hangat.

Colorway yang berani. Material yang bisa terbilang mewah. Detail menarik lainnya mulai dari sejarah, slide box esklusif, pilihan laces yang beragam, akhirnya membawa rilisan Sole Classics x Vans Vault “10 Seasons” ke posisi kedua terbaik dalam daftar 10 Vans Terbaik 2016.

1. Vans Vault x Taka Hayashi x Brooks England “Peyote Bird” Pack

Vans Vault x Taka Hayashi x Brooks England “Peyote Bird” Pack | Hanon
Vans Vault x Taka Hayashi x Brooks England “Peyote Bird” Pack | Hanon
Taka Hayashi | Brooks England
Taka Hayashi | Brooks England
Barbican Shoulder Bag | Hanon
Barbican Shoulder Bag | Hanon
Swift Brooks Saddle | Hanon
Swift Brooks Saddle | Hanon

Terbaik dari yang baik.
Hanya itu yang dapat menggambarkan rilisan Vans Vault x Taka Hayashi x Brooks England “Peyote Bird” Pack.

Memperingati ulang tahun Vans ke-50 dan Brooks England yang ke-150, Taka Hayashi diminta mendesain rilisan kolaborasi terbaik di tahun 2016. Kualitas material, cerita serta sejarah dibalik kolaborasi Vans VaultBrooks England, dan Taka Hayashi, artwork yang digunakan, hingga keunikan medium yang digunakan tidak bisa membuat kami tidak mendudukan Vans Vault x Taka Hayashi x Brooks England “Peyote Bird” Pack di daftar pertama dalam “10 Vans Terbaik 2016”

Vans Vault x Taka Hayashi x Brooks England “Peyote Bird” Pack terdiri atas dua rilisan utama dalam medium OG Slip On LX dan OG Sk8 Hi LX serta item lainnya yang terdiri dari Barbican Shoulder Bag dan Swift Brooks Saddle. Dirilis di tanggal 3 Desember 2016, Vans Vault x Taka Hayashi x Brooks England “Peyote Bird” Pack jelas kado Natal terindah bagi para Vanshead.

Selamat hari Natal 2016 bagi Vanshead yang merayakan dan selamat Tahun Baru 2017 bagi kita semua! Jadi apa Vans terbaik 2016 versi kalian?

Wear your original Vans. Stay true to yourself.

Stefanus Andriano