Design by: Junior Kharisma
Design by: Junior Kharisma

 

Artikel ini pertama kali saya tulis di majalah VHI Off The Post: Vol 1 yang dirilis esklusif untuk #2ndAnniversaryVHeadID di Semarang. Kami memutuskan menulis ulang artikel ini di web agar semua vanshead di Indonesia dapat membacanya dan berbagi kepada yang lainnya, kenapa? Karena seperti idealisme para founder VansHead Indonesia mulai dari berdirinya The Story of Vans (TSOV) hingga detik ini bahwa: ‘Sharing is Caring.’

Disclaimer: Harap membaca artikel ini dengan perut kenyang, hati yang tenang dan jiwa selow, serta muka yang ceria. Bagaimanapun juga ini hanyalah sebuah artikel yang dikerjakan dengan serius tapi penuh canda dan tawa.

Penulis juga tidak bertanggung jawab akan efek yang ditimbulkan setelah membaca artikel ini dari mulai ke-BM an yang memuncak, berpindahnya haluan memakai alas kaki, hingga hubungan yang sedikit renggang dengan pasangan yang tidak menyukai vans. Selamat membaca \m/

 

Dari kolaborasi nama besar industri musik seperti The Beatles dan Sublime, franchise film terpopuler sepanjang masa Star Wars, hingga kerjasama dengan suku ‪Huichol, para pengrajin di Meksiko. Vans jelas menguras kocek kami cukup dalam tahun ini. Lalu bagaimana memilih 10 Vans terbaik di tahun 2014? Sejujurnya hampir sama seperti memilih tempat indehoy yang pas. Banyak pilihan, tapi sedikit sekali yang sesuai dengan kantong dan selera kami. Mari kita mulai 10 Vans Terbaik 2014…. (drum roll) \m/

  1. Vans x Sublime Sk8-Hi

Kapan anda pertama kali mendengarkan Sublime?

Sublime pertama kali merilis album mereka, 40oz. To Freedom di musim panas 1992. Opie Ortiz, seorang artis dengan spesialisasi tato, pop,art dan seni mural, menjadikan logo Sublime dan artwork album sebagai salah satu karya seni yang diperbincangkan di era 90-an. Vans menghormati Sublime dan pencapaian mereka dengan mengeluarkan Vans x Sublime Sk8-Hi yang diklaim hanya 300 pasang diseluruh dunia. Vans x Sublime Sk8-Hi release dengan harga retail $80 di bulan November 2014 untuk membawa kembali para penggemar Sublime ke era kejayaan mereka.

Sublime x Vans Sk8-Hi | Nicekicks
Sublime x Vans Sk8-Hi | Nicekicks

 

  1. Darkside Initiative x Vans Vault “Armored” Pack

Hampir semua penemuan besar umat manusia diawali sebuah pertanyaan sederhana, mulai dari “Bagaimana menerangi suatu ruangan?”-nya Thomas Alfa Edison hingga “Tempat indehoy yang aman dan enyak dimana?”-nya para pendiri Hillside.

Saya tidak tau pasti pertanyaan sederhana apa yang muncul ketika Vans menciptakan Darkside Initiative x Vans Vault “Armored” Pack. Tapi yang pasti lini Vans Vault sudah menciptakan sebuah adiluhur menjadi sepatu Vans yang paling kuat saat ini. Kalian bayangkan saja, Vans Vault mengambil Vans Sk8-Hi LX dan Vans Era LX untuk kemudian dibuat dengan material yang mereka sebut “Superfabric”. “Superfabric” adalah material fabric yang dilapisi oleh pelat-pelat baja berukuran kecil. Jarak yang didesain sedemikian rupa antar pelat memungkinkan material tetap fleksibel dan nyaman dikenakan. Pelat baja di “Superfabric” ini memberikan perlindungan terhadap goresan dan noda terhadap sepatu. Darkside Initiative x Vans Vault “Armored” Pack dirilis pada 22 November 2014 di web Darkside Initiative dengan banderol $180 untuk Era LX & $225 untuk Sk8-Hi LX. Lebih mirip perlengkapan supehero Marvel? Sayangnya rilisan ini tidak mengklaim tahan dari goresan masa lalu kalian. KZL? Pastinja.

Darkside Initiative x Vans Vault “Armored” Pack | LemonTV
Darkside Initiative x Vans Vault “Armored” Pack | LemonTV
  1. The Beatles Yellow Submarine Capsule Collection by Vans

We all live in a yellow submarine

Yellow submarine, yellow submarine

We all live in a yellow submarine

Yellow submarine, yellow submarine

The Beatles Yellow Submarine Capsule Collection by Vans | Grindtv
The Beatles Yellow Submarine Capsule Collection by Vans | Grindtv

All you need is love adalah frasa yang tepat untuk menggambarkan keseluruhan rilisan ini. Warna-warna cerah dan pattern artwork yang diambil dari album dan film “Yellow Submarine” mendominasi rilisan The Beatles Yellow Submarine Capsule Collection tahun ini. Terima kasih Heinz Edelmann seorang ilustrator berkebangsaan Jerman yang menciptakan pattern dan artwork dari album dan film ‘Yellow Submarine’. Ketika pertama kali Vans mengumumkan rilisan ini diawal tahun, ingatan kami langsung melayang kepada ingatan sore hari saat ayah sedang memutarkan piringan hitam album The Beatles, ‘Revolver (1966)’ sambil menghisap cerutu dan menyesap wine. Tanggal 1 Maret 2014, The Beatles Yellow Submarine Capsule Collection by Vans resmi drills di seluruh dunia dengan harga retail $65-75 untuk era, authentic, slip-on, dan sk8-hi.

7. Concepts x Vans Syndicate Old Skool “Rat Hunter”

Vans dan Concept berkolaborasi dan merilis Concepts x Vans Syndicate Old Skool “Rat Hunter” untuk membuat horni seketika para denimhead dengan konsep ‘bleached denim’ yang diusung. Warna suede krim yang menghiasi ujung hingga bagian tumit berpadu dengan jazz strip putih dan bleached denim pada bagian upper sepatu, belum lagi motif checkerboard merah dibagian midsole menambah kontras rilisan ini. Di pagi yang cerah di tanggal 4 Oktober 2014, Concepts x Vans Syndicate Old Skool “Rat Hunter” resmi dirilis di toko Concept dan web mereka dengan harga retail $90.

Concepts x Vans Syndicate Old Skool “Rat Hunter” | Hypebeast
Concepts x Vans Syndicate Old Skool “Rat Hunter” | Hypebeast

“I want to die with my blue jeans on.” Andy Warhol

 

6. Gosha Rubchinskiy x Vans Old Skool

Gosha Rubchinskiy x Vans Old Skool | Highsnobiety
Gosha Rubchinskiy x Vans Old Skool | Highsnobiety

“From Russia with Love”

Gosha Rubchinskiy adalah salah satu dari 25 nama yang mempunyai pengaruh dalam dunia fashion para kaum adam saat ini. Jika kalian baru kali ini mendengar nama orang Rusia tersebut, mungkin karena kalian belum pernah berbelanja $600 untuk satu potong t-shirt karyanya di butik ternama Eropa. Kami? Jangan sampai pacar melihat tagihan kartu kredit di bulan Mei kemarin.

Kami tidak sedang mengkonsumsi zat substansi atau produk fermentasi malt dan hop saat sedang mengatakannya betapa Mr Gosha adalah fashion guru kaum adam saat ini. Tanyakan saja kepada Comme des Garcons betapa mereka begitu mengagumi dan keranjingan berkolaborasi dengan Mr. Gosha untuk lini fashion mereka. Di awal tahun 2014 lebih tepatnya pada 3 Januari 2014, Gosha Rubchinskiy x Vans Old Skool dirilis dengan harga retail $250. Mahal ? Untuk sepasang vans old skool dengan sentuhan premium leather dan suede di bagian upper, gum sole, tali sepatu 3M dengan aksen reflektif, dan tentunya sentuhan seni dari Mr Gosha sendiri. Kami tidak pernah sebahagia ini saat menekan tombol add to chart.

5. Brownbreath x Vans “Small Bites” Collection

Vans bergabung bersama label streetwear asal Korea, Brownbreath untuk menciptakan salah satu vans terbaik 2014. Mereka menamakan rilisan ini “Small Bites” collection yang dirilis pada tanggal 2 Oktober 2014 di toko Brownbreath dan hanya untuk pasar Korea. Menyedihkan? Setidaknya ini lebih menyenangkan dari invasi grup band Korea ke Indonesia.  Brownbreath x Vans “Small Bites” Collection  bermotifkan pemandangan kota yang menjadi landmark bagi Korea dan California yaitu Hongdae distrik dan Santa Monica dicetak untuk era dan sk8-hi. Terima kasih Vans dan Brownbreath, akhirnya ada yang bisa kami kagumi dari negara Korea selain paha dan dada para anggota SNSD.

Brownbreath x Vans “Small Bites” Collection | Syoff
Brownbreath x Vans “Small Bites” Collection | Syoff

 

4. Star Wars x Vans Vault Collection

May The Force Be With You Vanshead

Mengikuti diumumkannya daftar resmi para pemain Star Wars: Episode VII- The Force Awakens, Vans Vault dengan gembira mengumukan proyek kolaborasi pertama mereka dengan franchise film paling berpengaruh, Star Wars. Ada 6 rilisan untuk kolaborasi kali ini yang terdiri dari half cab, slip-on, dan sk8-hi. Bermotifkan Yoda, robot AT-ATs dan Darth Vader, Star Wars x Vans Vault Collection kali ini hanya berjumlah 300 pasang diseluruh dunia. Beberapa butik streetwear terkemuka seperti Vans DQM di NYC dan Boston, Opening Ceremony (Los Angeles, London, dan New York), Firmament (Berlin), Colette (Paris), Off The Hook (Montreal) hingga Tresbien (Swedia) ditunjuk sebagai tempat dirilisnya pada tanggal 4 Mei 2014.

Star Wars x Vans Vault Collection | thefashionisto
Star Wars x Vans Vault Collection | thefashionisto

 

3.  Vans Syndicate x Tyler The Creator Pack

You wear pink sole. Are you gay? Coba para haters rilisan ini ajukan pertanyaan tersebut kepada Tyler, The Creator. Reaksi imaginatif yang bisa kami katakan adalah Tyler yang tertawa terbahak-bahak lalu berkata, “Dude, WTF!

"Dude, WTF!"
“Dude, WTF!”

Belum pernah sepanjang ingatan kami, vans dengan beraninya merilis sebuah rilisan dengan outsole berwarna pink. Saking beraninya kami mengira-ngira nyali project manager Vans Syndicate x Tyler The Creator Pack jauh lebih besar dari penis haters rilisan ini termasuk di Indonesia. Vans Syndicate x Tyler The Creator Pack sold out dalam beberapa jam saja sejak dirilis pada 19 Juli 2014 dengan harga retail $89 di beberapa butik khusus Vans Syndicate. Berbalutkan material dominan suede premium warna biru, hijau, dan coklat berpadu dengan outsole warna pink memang membuat rilisan ini penuh kontroversial.

Banyak yang membenci layaknya mereka membenci hidup percintaan mereka yang tidak pernah mulus, tidak sedikit juga yang memuja dan membandingkannya dengan mantan pertama kalau ada kala SMA dulu.

Vans Syndicate x Tyler The Creator Pack | skatewarehouse
Vans Syndicate x Tyler The Creator Pack | skatewarehouse

2. Blends x Vans Vault “Bones” Pack

Blends di tahun 2014 layaknya seperti kelas menengah di akhir tahun, kejar setoran. Entah owner dari Blends kebelet pengen kawin atau memang project manager kolaborasi Vans dan Blends ini kelewat rajin sampai mengeluarkan tiga rilisan dalam waktu setahun.
Yang pertama mereka rilis adalah The Blends x Vans Vault Old Skool Zip LX “Bones” pada 31 Mei 2014 esklusif di web dan store Blends. Berbalutkan material kulit premium berwarna hitam dengan zipper di bagian upper sepatu dan jazz stripe putih berbentuk ‘tulang’, The Blends x Vans Vault Old Skool Zip LX “Bones” dirilis dalam jumlah yang terbatas.

The Blends x Vans Vault Old Skool Zip LX “Bones” | Nicekicks
The Blends x Vans Vault Old Skool Zip LX “Bones” | Nicekicks

Yang kedua untuk rilisan tahun ini adalah Blends x Vans Vault Sk8-Hi Zip LX “Chili Pepper” yang dirilis 6 Desember 2014 hanya di web dan store Blends. Menampilkan material kulit premium warna chilli paper, jazz stripe pattern ‘Bones’ berwarna hitam dan zipper dibagian belakang memberikan rasa menyenangkan bagi para pemiliknya. Banyak spekulasi dan pembicaraan saat rilisa ini diumumkan dan antrian pembeli di store Blends jelas menggambarkan kepopuleran Blends x Vans Vault Sk8-Hi Zip LX “Chili Pepper” pada tahun ini.

Blends x Vans Vault Sk8-Hi Zip LX “Chili Pepper” | strictlyvans
Blends x Vans Vault Sk8-Hi Zip LX “Chili Pepper” | strictlyvans

Yang ketiga dan terakhir jelas lebih menggembirakan. Setelah memakai resep yang sama untuk tiga rilisan sebelumnya: jazz stripe “Bones” , zipper, dan embel-embel nama besar Blends dan Vans maka rilisan terakhir tahun ini yang  menggunakan…jreng jreng…resep yang sama juga hehehe. Tema berbeda untuk kali ini, yaitu “White Christmas” untuk Blends x Vans Vault Sk8-Hi Zip LX “True White”. Totally white! Rilisan ini bahkan tidak diumumkan dimana-mana baik di web Vans maupun Blends, tapi bila anda cukup beruntung ketika saat Natal bermain-main ingin belanja atau menengok penjaga store Blends yang rata-rata cantik itu maka anda akan menemukan Blends x Vans Vault Sk8-Hi Zip LX “True White” saat itu dengan harga $175 dan hanya berjumlah 25 pasang di masing-masing Blends store.

SWAG lvl: over infinity.

Blends x Vans Vault Sk8-Hi Zip LX “True White” | reddit
Blends x Vans Vault Sk8-Hi Zip LX “True White” | reddit

 

1. Handcrafted Vault by Vans x Huichol Capsule
Akhirnya sampai juga kita ke peringkat 1 daftar Vans Terbaik 2014. Vans Vault Huichol menjadikan seluruh sneaker yang release di tahun 2014 serupa tukang obat di pasar Senen yang berisik dan jelas jelas tidak menyenangkan.

Faktor handcrafted jelas menjadi alasan kami mendudukan rilisan ini di peringkat pertama daftar ini. Vans membawa kembali nostalgia masa lalu mereka saat sebuah vans dibuat oleh tangan sendiri Paul Van Doren di toko kecil mereka daerah California.

Di daerah pegunungan regional Jalisco dan Nayarit di Meksiko, para suku Huichol hidup dan melestarikan karya mereka yang dikenal dalam bentuk lukisan benang, manik-manik, dan bordir. Sambil menyantap tacos dan nachos serta meneguk tequila, para suku Huichol memakan waktu hingga 10 bulan dalam mengerjakan rilisan ini. Lama? Tentu saja karena hiasan dalam rilisan ini dibuat dengan tangan-tangan terampil suku Huichol.

Bordiran manik-manik di Sk8 Hi LX dan jahitan benang dengan pattern warna unik di Slip On LX adalah pengejawantahan karya seni dan hubungan sebab akibat intervensi ilahi pada sepasang sepatu vans.

Vans Vault Huichol terdiri atas Slip On LX ($150) dan SK8 Hi LX ($180) yang dibuat hanya 360 pasang di seluruh dunia. Saat rilis resmi tanggal 20 September 2014 di DQM General New York dan Boston, Blends, Bodega, Conveyor, Darkside Initiative, Opening Ceremony, Proper hingga St. Alfred, Vans Vaul Huichol menciptakan kegaduhan dan antrian cukup panjang.

Vans Vault Huichol lebih mirip sesosok wanita cantik, misterius, pendiam dan bijaksana Cinta Alya di film remaja favorit kami, AADC (Ada Apa Dengan Cinta).

dik Alya, kulo tresno kaleh panjenengan :))
dik Alya, kulo tresno kaleh panjenengan :))

 kulo ngantosaken panjenengan semangke sampun da dos rondo dik Alya

Handcrafted Vault by Vans x Huichol Capsule | drippic
Handcrafted Vault by Vans x Huichol Capsule | drippic

 

Tahun 2014 adalah tahun yang menyenangkan bagi Vans dan Vanshead di seluruh dunia.  Untuk tahun ini kami meranking mulai dari peringkat kesepuluh hingga yang pertama melalui pertimbangan design, material, kolaborasi, fungsi, dan sejarah dari rilisan itu sendiri. Selamat membaca daftar 10 Vans Terbaik 2014 oleh Vanshead Indonesia.

Any thoughts and comment with this list? Wear your originals vans and stay true to yourself \m/

Stefanus Andriano