Taka Hayashi | www.fngmagazine.com
Taka Hayashi | www.fngmagazine.com

Kalian tahu bagaimana seorang designer diciptakan?

Saya akan ceritakan hikayat penciptaan designer.

Alkisah dalam setiap kelas menggambar di SD dahulu, dewa Design turun ke bumi dan dengan isengnya mengetuk kepala beberapa anak yang sedang menggambar dengan tekunnya oleh tongkat miliknya. Perbedaan rahmat yang diterima oleh anak-anak yang diketuk kepalanya oleh dewa Design dengan mereka yang tidak diketuk kepalanya amatlah besar. Sehingga sanctuary seorang designer hanyalah milik anak-anak yang diketuk kepalanya oleh dewa Design.

Para designer dihormati dan disembah. Dipuja dan dimuliakan oleh para pengagumnya. Mereka menguasai sifat-sifat penciptaan. Designer dapat menciptakan sesuatu dari ‘kosong’ menjadi ‘ada.’ Merubah buruk menjadi indah. Merekalah ‘tuhan’ yang dapat dijelaskan dengan akal logika dan nyata wujudnya.

Vans bekerjasama dengan designer terbaik sejak dulu kala. Mulai dari angkatan tua seperti Mr. Cartoon yang bekerjasama untuk rilisan Vans Syndicate 001 hingga angkatan muda seperti Zio Ziegler di tahun 2015.

Artikel ini akan mengawali beberapa tulisan editorial saya yang tidak lagi hanya membahas review rilisan terbaru tapi juga merambah kepada “the man behind the brand” Kenapa? Karena seperti pepatah lama yang mengatakan: “tak kenal maka tak sayang.”

Jadi siapa sebenernya Mr. Taka Hayashi ?

Taka Hayashi lahir di Yokohama, Jepang dan pindah ke Santa Monica, USA ketika berusia sembilan tahun. Taka Hayashi mendapatkan papan skateboard pertamanya sejak usia 5 tahun saat masih tinggal di Jepang, dan sejak itu dunia skateboard dan menggambar mengisi masa kecil designer ini.

Di masa lalu Taka Hayashi bekerja sebagai graphic designer dan illustrator untuk sebuah brand streetwear yang berdiri sejak 1980, Stussy. Perkenalannya dengan direktur kreatif Stussy saat itu dimulai ketika T-shirt buatan Taka Hayashi yang dijual di sebuah butik bernama Union, menarik perhatian sang direktur. Stussy menelepon dan menanyakan apa dirinya bersedia mengerjakan beberapa karya design untuk koleksi Stussy saat itu dan dimulailah sejarah mengenai designer asal negeri Sakura ini.

Taka Hayashi | DQM New York
Taka Hayashi | DQM New York

Bagaimana sejarah dimulainya Taka Hayashi dan Vans?

Semua berawal dari 11 tahun yang lalu. Ketika itu Berto, teman baik Taka Hayashi yang mengerjakan proyek Supreme dan Vans Syndicate, menanyakan apa dirinya bersedia membantu dalam proyek Vans Syndicate. Seperti kita semua ketahui, Vans Syndicate adalah lini premium dari Vans yang mengedepankan fusion antara skateboard dan fashion untuk dielaborasi dan menjadi sepasang sepatu dengan material nomor satu dan jumlah produksi yang terbatas.

Sejak membantu Vans dalam proyek Vans Syndicate selama satu tahun, Vans kemudian menawari Taka Hayashi untuk bekerja penuh bagi mereka dan menghasilkan beberapa rilisan terbaik dalam kolaborasi mereka. Vans melibatkan Taka Hayashi tidak hanya dalam proyek Syndicate tapi juga Vault hingga dirinya diberikan lini produksi sendiri dengan nama : Taka Hayashi

Lini Taka Hayashi ditampilkan di DQM New York | DQM New York
Lini Taka Hayashi ditampilkan di DQM New York | DQM New York

Hingga saat ini lini Taka Hayashi dikenal sebagai sebuah lini Vans dengan kualitas premium, design yang begitu artistik, hingga detail pengerjaan yang mengagumkan.

If you were to give one piece of advice, what would it be?

Stay true to yourself. Trust.

Taka Hayashi at interview with Grindv.com

Ada beberapa karya design Taka Hayashi untuk Vans akan saya tampilkan di artikel ini sebagai karya paling menonjol kalau bukan yang terbaik dari seorang designer yang mengidolakan Ralph Lauren. 

1. Vans Vault Taka Hayashi x Pendleton

Vans Vault Taka Hayashi x Pendleton | DQM New York
Vans Vault Taka Hayashi x Pendleton | DQM New York

2. Vans Simpsons x Taka Hayashi 

Vans Simpsons x Taka Hayashi | Highsnobiety
Vans Simpsons x Taka Hayashi | Highsnobiety

3. Vault by Vans x Star Wars

Taka Hayashi dan Calvin Garcia untuk proyek Vault by Vans x Star Wars | Star Wars
Taka Hayashi dan Calvin Garcia untuk proyek Vault by Vans x Star Wars | Star Wars

Bagi para pecinta Star Wars patut mengetahui bahwa Taka Hayashi dan Calvin Garcia lah otak dibalik proyek Vault by Vans x Star Wars yang rilis tahun 2014 dengan jumlah 300 pasang diseluruh dunia.

“Being a huge fan of Star Wars and Vans growing up, I was really excited to be a part of this special collaboration.

– Taka Hayashi, Vans Footwear Designer

 

So Ronnie who? I don’t know who the fu*k you talking about.

Stefanus Andriano