Rollicking x Vans Slip On JP "Sukajan" | strictlywaffles
Rollicking x Vans Slip On JP “Sukajan” | strictlywaffles

Sukajan lazimnya disebut Souvenir Jacket di dunia fashion. Sebuah trend yang terbentuk akibat perpaduan budaya barat dan timur yang dimulai saat perang dunia ke-2. Sampai saat ini Sukajan atau “Souvenir Jacket” masih menjadi fashion item yang cukup sering diinterpretasikan kembali oleh nama-nama besar seperti Supreme, Stussy, hingga Saint Laurent, Adidas, & Converse.

Saya tidak pernah mau menulis review rilisan Vans karena permintaan seseorang. Tapi ketika salah satu teman baik, yang sayangnya belum lama ini patah hati, pagi ini mengirimkan Line menanyakan dan meminta tulisan mengenai Rollicking x Vans Slip On JP “Sukajan”, saya tidak bisa berkata tidak. Usut punya usut sang mantan kekasih teman baik saya ini ternyata menyukai kucing & macan. Pffft 😛

Rollicking x Vans Slip On JP "Sukajan" | strictlywaffles
Rollicking x Vans Slip On JP “Sukajan” | strictlywaffles

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, trend Sukajan atau Souvenir Jacket, dimulai saat perang dunia ke-2. Setelah perang dunia ke-2 berakhir, para tentara Amerika yang tertarik dengan kultur timur dari budaya Cina dan Jepang, ingin membawa oleh-oleh untuk sanak saudara dan teman dekat di Amerika. Oleh-oleh tersebut umumnya berbentuk Sukajan atau Souvenir Jacket.

Sukajan dasarnya adalah sebuah jaket yang dibagian belakang atau depannya dihiasi jahitan dengan pola atau design yang berbau budaya Jepang dan Cina antara lain: naga, macan, harimau, pohon cherry, peta-peta daerah Asia, hingga gadis-gadis geisha. Mengambil bentuk jaket baseball klasik, penambahan jahitan dengan pattern berbau Asia ini ternyata cukup digemari oleh masyarakat Amerika hingga saat ini.

Darimana kata “Sukajan” muncul? Beberapa orang percaya ini diambil dari penggabungan kata kata: “Lompatan Naga Angkasa” dalam bahasa Jepang. Beberapa sumber lainnya mengacu kepada Yokosuka, sebuah daerah dimana pos-pos tentara Amerika didirikan dan digabungkan dengan kata “Lompat” dalam bahasa Jepang dan menjadi “Sukajan” 

Rollicking x Vans Slip On JP "Sukajan" | strictlywaffles
Rollicking x Vans Slip On JP “Sukajan” | strictlywaffles

Vans Japan jelas jeli melihat trend Sukajan di dunia fashion saat ini. Rollicking x Vans Slip On JP “Sukajan” mengambil warna merah dan biru satin dibagian uppernya untuk dikombinasikan dengan design naga dan harimau yang dijahit dari mulai bagian ujung hingga keseluruhan upper sepatu. Material yang digunakan kombinasi satin dan canvas.

Rollicking x Vans Slip On JP “Sukajan” sudah dirilis esklusif hanya di ABC Mart seluruh Jepang pada tanggal 30 Juli 2016 dengan harga ¥ 9,000. Hitung sendiri rupiahnya ya 🙂

Saran saya sederhana, segera hubungi mantan pasangan, mantan gebetan, hingga mantan yang ingin dirinya dijadikan gebetan, yang sedang berdomisili atau berwisata ke Jepang akhir-akhir ini untuk membantu Anda mendapatkan rilisan ini 😛

Striclywaffles | Stefanus Andriano  

You can read inspiration for this article at Strictlywaffles with this link.