The Vans X Eley Kishimoto Collection | Vans
The Vans X Eley Kishimoto Collection | Vans

Vans menaruh perhatian cukup besar terhadap kolaborasi mereka dengan designer dan brand di tahun 2015. Tenang saja perilaku Vans ini bukanlah sebuah fenomena baru, layaknya para hipster suburban yang berbondong-bondong bertandang ke AEON Mall BSD hanya untuk mencicipi … sushi murah.

Ini wajar dilakukan, mengingat sneakers lain juga melakukan hal yang sama (contoh: Adidas dan Kanye dengan Yeezy atau Ronnie Fig dengan beberapa merek sneakers pelari trendi ibukota.)

Sedikit kita rekap selama 7 bulan pertama di tahun 2015 sudah ada beberapa rilisan spesial Vans dengan designer dan brand seperti; Vault by Vans x Takashi Murakami , Ubiq X Ron English X Vans Vault “Camo Deer” , Vans x Zio Ziegler Collection , The Slam Jam x Vans 25th Anniversary Collection hingga DQM x Blue Note Records x Vans Collection. Belum lagi ditambah dengan rencana kolaborasi Vans dengan WTAPS, North Face, dan rilisan ulang seri Syndicate (Vans Syndicate Mr Cartoon Authentic S 029 Retro). Tergambar jelas bahwa kolaborasi Vans dengan designer atau brand adalah ‘nafas’ rilisan di 2015.

Mark Eley and Wakako Kishimoto | National Portrait Gallery
Mark Eley and Wakako Kishimoto | National Portrait Gallery

Jadi siapa Mark Eley dan Wakako Kishimoto ?

Mark Eley dan Wakako Kishimoto adalah pasangan suami istri designer yang menetap di Inggris. Keduanya adalah pemilik rumah design bernama Eley Kishimoto yang berdiri pada 2 Mei 1992, tanggal dimana keduanya resmi menikah. Dan di tahun 2015 ini, Vans mengajak pasangan asal Wales dan Jepang membuat Vans X Eley Kishimoto Collection yang diberi tema ‘Living Art’. Mark Eley dengan bearded baritone dan kepribadiannya yang meledak-ledak serta Wakako Kishimoto yang pemalu adalah dynamic duo designer favorit saya untuk tahun ini.

Tidak ada definisi yang pasti mengenai art itu sendiri. Tidak juga dalam kamus Thesaurus milik saya. Art atau seni adalah sesuatu yang mistis. Dan designer yang bertanggung jawab menciptakan art itu sendiri adalah si penyihir. Sesuatu yang tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata, tapi dirasakan. Mirip seperti…ciuman pertama kalian.

Vans X Eley Kishimoto Collection tidak lagi hanya sekedar rilisan sepasang sepatu kolaborasi tapi jauh dari itu. Eley Kishimoto mempunyai misi untuk ‘Print the World’ dan dengan kolaborasi teranyar bersama Vans, dapat dikatakan misi mereka telah usai.  Eley Kishimoto mengaplikasikan dua design mereka terdahulu dan menciptakan tiga design esklusif hanya untuk rilisan ini.

Vans X Eley Kishimoto Collection tersedia mulai dari seri sk8-hi, slip-on, authentic, era, bucket hat, sandal, socks, tas, t-shirt, longsleeve, jogger pants, hingga tas. Sebuah perpaduan lini fashion dan art dalam satu rilisan. Design ikonik Eley Kishimoto seperti ‘Flash’ dan ‘Magnolia Hysteria’ diprint dalam balutan material canvas dan suede khan ‘Vans’ telah dirilis pada bulan Juli 2015 dengan harga bervariasi mulai dari $60-$75 untuk sepatunya dan $19 – $54.50 untuk fashion apparelnya.

The Vans X Eley Kishimoto Collection | Vans
The Vans X Eley Kishimoto Collection | Vans

 

The Vans X Eley Kishimoto Collection | Hypebeast
The Vans X Eley Kishimoto Collection | Hypebeast
The Vans X Eley Kishimoto Collection | Vans
The Vans X Eley Kishimoto Collection | Vans
The Vans X Eley Kishimoto Collection
The Vans X Eley Kishimoto Collection
What does ‘Living Art’ mean to you?
We can interpret ‘Living Art’ as living life to the fullest and experiencing the unknown. Exploring all avenues, executing work with integrity, being in the moment, fighting for your rights, enriching other peoples lives, social interpretation and political activism, all creatively driven. — Mark Eley at his interview with Vans

Jadi siapa designer favorit? Kalau saya sih ……… ……..

Stefanus Andriano | Vans